Selasa, 01 April 2014

SOP laboratorium SMA


SOP PENGGUNAAN LABORATORIUM UNTUK KEGIATAN PRAKTIKUM

1.Latarbelakang
                Ketidakefesiensi siswa SMA menggunakan laboratorium untuk kegiatan praktikum, sehingga saya menuyusun SOP penggunaan laoratorium  untuk  kegiatan praktikum.

2.Tujuan
1. Menciptakan suasana pembelajaran di laboratorium yang kondusif, tertib, dan
Terkendali

2. Membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di laboratorium untuk mencapai
target pembelajaran.



3. Ruang Lingkup

Prosedur ini diterapkan kepada seluruh pihak (guru maupun Siswa) yang menggunakan
laboratorium untuk kegiatan belajar mengajar dengan metode praktikum.


4.peraturan yang berlaku

-Menjaga kebersihan lab. Dengan membuang sampah pada tempatnya,
membuang limbah percobaan pada tempat yg tersedia
-memakai jas labratorium

Tidak melakukan kegiatan seperti berikut:

- Makan dan minum di dalam ruangan lab
               
- Mencicipi/menghirup zat kimia tanpa sepengetahuan guru pembimbing

- Membuat kegaduhan

- Mengganggu proses belajar mengajar dan praktikum di laboratorium

- Membuang limbah asam/basa ke dalam wastafel

- Mencoret-coret tembok, bangku, meja, alat lab, lantai

- Melakukan tindakan tidak bertanggung jawab terhadap alat lab yang

rusak/hilang

- Melakukan kegiatan di luar prosedur/ketentuan
               




5. Prosedur Kerja

1. Sebelum menggunakan laboratorium, pengguna (guru) melakukan prosedur

pemesanan fasilitas.

2. Pemesanan dilakukan minimal tiga hari sebelum penggunaan dengan menyerahkan

form request yang telah diisi. PJ lab mengecek isian data pada form, dan

dilakukan konfirmasi jika terdapat data yang kurang lengkap.

3. Jangka waktu tiga hari pemesanan sebelum penggunaan fasilitas dimaksudkan

untuk memberikan tenggang waktu pada PJ Lab dalam mempersiapkan beberapa

perangkat yang diperlukan, antara lain:

                - Paket alat dan bahan

-LKS
4. mematuhi peraturan yang berlaku

 5. Pada hari yang telah disepakati, pengguna memiliki hak untuk melaksanakan

kegiatan praktikum dengan alat dan bahan yang sudah disediakan dan
LKS untuk pelaporan kegiatan praktikum, dengan mekanisme peminjaman

yang telah ditentukan pada prosedur penggunaan alat dan bahan.

6.Setelah selesai melakukan praktikum Guru maupun siswai wajib melaporkan beberapa hal terkait:

a. Kondisi alat yang kurang baik/tidak sesuai dengan paket praktikum sebelum

melakukan kegiatan praktikum

b. Penggunaan alat/bahan tambahan yang diperlukan di luar paket praktikum

c. Kondisi alat yang rusak selama/setelah melakukan kegiatan praktikum


6. DIAGRAM ALIR





3 komentar:

  1. Menurut anda,, adakah kekurangan dari sop yang saya susun ,tlog jelaskam terimakasih

    BalasHapus
  2. menurut saya, SOP ini perlu ditambahkan dengan peringatan mengenai bahaya zat-zat kimia dan risikonya jika mengenai praktikan.
    :)

    BalasHapus
  3. menurut pendapat saya , SOP ini perlu ditambahkan jadwal pemakaian laboratorium nya sehingga kegiatan praktikumnya terjadwal .
    terimakasih

    BalasHapus